Previous Next

Memperingati Hari Guru Nasional di SD BPI

HGN di SD BPI
Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November bukan sebagai penghargaan atas jasa guru semata, namun harus memberikan feedback untuk kemajuan pendidikan pada umumnya.


Di tengah pandemi covid-19 guru harus membuat strategi pembelajaran yang bermakna serta mampu beradaptasi dengan kemajuan informasi yang berkembang pesat.

SD BPI merasa perlu berpartisipasi dalam peringatan dan perayaan hari guru nasional. Oleh karena itu SD BPI menyelenggarakan sebuah ajang bagi guru untuk mengekspresikan kompetensi yang dimilikinya dalam kegiatan Gebyar Hari Guru SD BPI tahun 2021 dengan tajuk '"Pembelajaran Hybrid Learning dengan Metode Flipped Calssroom".

Kegiatan diadakan mulai tgl 22 Oktober- 22 November. Sebanyak 37 guru mengikuti kegiatan ini. Mereka mengajar menggunakan metode Flipped Classroom, direkam, dikirim kepada dewan juri dan dinilai. Sebanyak 7 orang guru mengikuti kategori favorit. Mereka merekam pembelajaran, mengedit video, mengunggah di youtube SD BPI. Peraih like terbanyak menjadi juara favorit.

Pengumuman pemenang kegiatan dilaksanakan tanggal 25 November bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional.

Peringatan HGN di SD BPI dimulai dengan sambutan dan laporan kepala sekolah, sambutan dari pengurus yayasan, sambutan dari Pembina Yayasan. Hymne dan Mars BPI tentu saja dinyanyikan oleh semua peserta untuk membangkitkan semangat BPI

Kegiatan dilanjutkan oleh pembacaan puisi oleh operator SD BPI, jebolan Sastra UPI ini membuka puisinya dengan lagu "Agar-agar" Ciptaan Panji Sakti, dilanjut dengan puisi berjudul "Setangkai Mawar untuk Ibu Guru". Makna puisi sampai ke relung hati kami, para guru. Terima kasih Pak Dadan N Ramdan .

Ulasan hasil lomba dan pemenang diumumkan oleh juri (Dr. Tatang Sunendar S. Mi dari P4TK IPA Kemendukbud, Dra. Hj. Eva Farida, M. Pd, pengawas SD Disdik Kota Bandung dan Rida Indriawaty, S. Pd. M. Si, Pengawas SMP Disdik Kota Bandung.)

Selamat kepada pemenang Flipped Classroom Learning Competition (FCLC):
Wiwid Roeslan sebagai juara 1;
Yuki Ramdhani Mukhlis sebagai juara 2;
Ria Juariah Salman juara 3; dan
Tini Supartini sebagai juara Favorit.

Kegiatan dilanjut dengan pemberian bunga kepada guru SD BPI oleh perwakilan Siswa SD BPI. Terima kasih kepada Kenar kelas 6B, Letisya kelas 6A, Patra kela 2A, yang telah memberikan bunga untuk guru-guru. Terima kasih juga kepada Arletha kelas 6C yang telah membacakan puisi membuat hati kami menjadi haru biru.

HGN ditutup dengan kegiatan workshop oleh semua guru SD BPI dengan membuat soal di Sistem Pembelajaran Online Terpadu (SPOT) SD BPI.

Semua kegiatan ini kami lakukan juga secara live youtube, agar undangan yang tidak dapat hadir dapat mengikuti secara daring.

https://youtu.be/PHgBm14T-N4

Sukses guru-guru SD BPI. Semoga menjadi guru berdedikasi di tengah pandemi.

Yayasan Badan Perguruan Indonesia-BPI
Sd Bpi-Yes


Print   Email