Memanfaatkan Teknologi, Guru-guru SD BPI Membuat Video Pembelajaran Animasi Sendiri!

Memanfaatkan Teknologi, Guru-guru SD BPI Membuat Video Pembelajaran Animasi Sendiri!

Oleh: Ramdan Saleh

Mutu pendidikan kita bisa dikatakan mengalami kemajuan dari tahun ke tahun.  Hal itu dikarenakan proses belajar dan mengajar di era digital sekarang ini berjalan beriringan dengan melesatnya teknologi.  Pentingnya adaptasi pendidikan terhadap teknologi  dirasakan dalam upaya menghadirkan kemudahan dalam penyampaian maupun penyerapan esensi pendidikan.  Salah satu produk pendidikan yang berkolaborasi dengan teknologi adalah munculnya video pembelajaran.

Video pembelajaran dianggap mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah. Hal tersebut dikarenakan video pembelajaran mampu memberikan pengalaman belajar yang berbeda. Pengetahuan manusia pada dasarnya dibentuk dari susunan pengalaman, baik secara konkret maupun indrawi.  Selain memberikan pengalaman belajar yang berbeda, Video pembelajaran juga dapat mempertebal  pengetahuan penggunanya karena memberikan kemudahan dalam mengakses kembali ingatan dalam mencerna pegalaman tersebut.  Sebab itulah proses belajar mengajar memerlukan media penunjang ini.

Video pembelajaran memang bukanlah barang baru. Sejak berkembangnya teknologi komputer, kamera, dan internet, video pembelajaran menjadi salah satu produk kreatif yang muncul. Ditambah lagi beragam platform sosial media yang menjadi wadahnya. Video pembelajaran sekarang menjadi trend pendidikan masa kini.

Hal ini sudah disadari oleh SD BPI sebagai satuan penyelenggara pendidikan. Namun dalam merealisasiknnya dibutuhkan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan pengetahuan siswanya. Karenanya SD BPI menggandeng Ismartv mengadakan pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis real object dan animasi sederhana yang dilaksanakan dua hari, 29-30 Maret 2021 di Studio SD BPI. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan selama pelatihan berlangsung.

Pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru SD BPI. Materi-materi yang diberikan oleh tim Ismartv di antaranya mengolah video real object,  mulai dari pengambilan gambar, editing, rendering, efek, transisi,  sampai penggunaan animasi sederhana dalam pembuatan video pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan bagi guru dan siswa SD BPI. Guru-guru memang harus kreatif dalam menghadapi situasi pendidikan sekarang ini. Jika tidak, pendidikan akan tergerus zaman, tak mampu bersaing untuk masa depan.

Penggunaan animasi bermanfat dalam memproduksi video pembelajaran yang interaktif dan menarik. Animasi, sesederhana apapun itu tetap menarik bagi anak-anak. Proses produksi video pembelajaran memang tidak mudah pencipta atau yang biasa kita sebut videos content creator harus memiliki pengetahuan dalam mengolah video, teknik dan metode penyampaian materi pembelajaran.

Sekarang ini memang banyak platform-platform penyedia video pembelajaran. Namun tidak semua sesuai dengan sasaran dan tujuan pembelajaran. Karena itu, tenaga pendidik di SD BPI dibekali pelatihan agar mampu membuat video dengan animasi dan real object sendiri sehingga dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran.   

Yakin, Eksis, dan Sukses.


Print   Email