Warna - Warni Kaligrafi di JTS SD BPI

Warna - Warni Kaligrafi di JTS SD BPI

Oleh: Ramdan Saleh

Kreativitas bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan siapa saja. Namun kreativitas harus terus di asah agar semakin baik dan selalu ada dalam diri kita, sehingga menjadi perwujudan pribadi yang kreatif, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.

Foto: Juri dan Tim Kaligrafi JTS SD BPI

SD BPI menggelar lomba menulis indah atau yang kita kenal dengan kaligrafi. Kaligrafi merupakan seni menulis indah. Lomba kaligrafi ini termasuk rangkaian kegiatan Jeda Tengah Semester. Bertujuan menggali potensi murid-murid BPI, sekaligus mengasah daya kreativitas generasi penerus bangsa.

Pada kesempatan ini seluruh siswa SD BPI turut berkompetisi membuat kaligrafi yang indah.  Lomba kaligrafi ini dilaksanakan secara daring. Siswa membuat kaligrafi di rumah dan dipantau melalui aplikasi zoom secara langsung, kemudian dikirimkan kepada panitia. Berbagai materi dan jenis kaligrafi diberikan sebagai penilaian dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda untuk setiap kelas.  Untuk tingkat 1 sampai 5 diberikan tantangan menulis kaligrafi dengan nuansa Islami, seperti menulis lafadz Asmaul Husna dan Mushaf surah dala Alquran.  Sementara kelas 6 ditantang menulis kaligrafi kontemporer dengan tema “Kebersihan dan Lingkungan Menghadapi Covid19”.

Dengan lomba ini murid-murid diharapkan bukan hanya sekedar merebut juara, tetapi membuktikan mereka adalah siswa berkarakter. Mampu bersaing, berani, sportif, dan kreatif. Buktinya, hasil kreasi murid-murid ini tidaklah biasa. Warna-warna dimunculkan sesuai dengan imajinasi  yang mereka miliki. Variasi ornamen dan ketepatan sesuai dengan apa yang menjadi penilaian para juri.

Kreasi ini patut kita apresiasi. Memiliki putra-putri yang kreatif adalah kebanggaan guru dan orang tua. Kelak, kreativitas yang terus dilatih dan diasah ini akan berguna bagi ananda menghadapi segala situasi.#rmdn


Print   Email