Perjalanan Panjang Berbuah Prestasi

Perjalanan Panjang Berbuah Prestasi
Oleh: Rina Indrawaty

Kita Harus Belajar (Kihajar) STEM adalah sebuah lomba yang diselenggarakan oleh Kemendikbfudristek untuk seluruh jenjang sekolah dalam dan luar negeri mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK.

Kihajar STEM pada tahun 2023 dimulai pada tanggal 6 Agustus 2003 Tahap Basic yang diikuti oleh 1000 peserta perjenjang. Pada tahap ini siswa mengerjakan soal-soal STEM selama 60 menit.

Pada tahap basic ini SD BPI mengirimkan 25 tim yang terdiri dari siswa kelas 4,5 dan 6. Setiap tim terdiri dari 3 anak. Sebanyak 7 tim lolos ke tahap berikutnya.

Tahap selanjutnya adalah tahap intermediate yang dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2023. Kembali Tim Kihajar mengerjakan soal-soal STEM. Pada tahap ini 3 tim Kihajar SD BPI akan melaju ke tahap advance.

Tahap advance sendiri dilaksanakan Senin, 4 September 2023. Sebanyak 2 tim Kihajar SD BPI lolos ke tahap berikutnya.

Pada tahap selanjutnya gen Kihajar harus membuat projek dan mempresentasikan projeknya di depan para juri. Projek yang dibuat oleh tim Kihajar SD BPI adalah Early Warning Sistem Banjir oleh Tim pertama dan Deteksi Pencemaran Udara oleh tim kedua.

Alhamdulillah, satu tim SD BPI berhasil di tahap final mewakili Jawa Barat dan diundang untuk Penganugrahan Kihajar STEM yang akan dilaksanakan di Kemendikbudristek dari tanggal 15-18 November 2023.

Puncak penganugrahan Kihajar STEM pada tanggal 17 November 2023, SD BPI ditetapkan sebagai Gen Kihajar Terkomunikatif. Pada puncak penganugrahan ini berkenan hadir mendampingi SD BPI dari unsur Yayasan, dinas pendidikan kota, orang tua siswa, kepala sekolah, guru pembimbing dan guru pendukung lainnya.

Dari unsur yayasan, hadir Bapak Kabid Pendidikan dan Sekertaris Yayasan, Sementara dari dinas pendidikan Kotá Bandung hadir Kabid PPSD dan Kasi Kurikulum.

.kihajawewd.jpg

Terima kasih kepada semua pihak yang telah mengantarkan anak-anak ke tingkat nasional. Selamat buat anak-anak Kihajar SD BPI. Sukses untuk kalian.
BPI YES! (Yakin Eksis, dan Sukses)!